8

Cara Memberi Halaman Yang Berbeda-Beda Pada Microsoft Office Word

Sekedar share saja sama teman-teman, mungkin tertarik.
Saat kita membuat makalah, proposal, laporan PBL/magang, skripsi dan lain-lain, biasanya kita memisahkan antara cover, kata pengantar, daftar isi dan isi. Ternyata ada cara mudahnya membuat halaman yang berbeda-beda pada satu file Ms. word. Yuk, mari mencoba. Cekidot!!!

Hal ini bisa Anda lakukan setelah Anda selesai  menyusun tugas anda juga bisa dilakukan sebelum anda membuat tugas anda.

Caranya sebagai berikut:

Pertama Klik Insert  –> Page Number  kemudian pilih salah satu, misalnya saya pilih Buttom of Page. Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

insert

2

Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

3-

Setelah halaman terbentuk klik pada bagian luar footer dua kali (penting hal ini dilakukan untuk menghindari kegagalan-kegagalan yang biasanya terjadi). Sehingga akan muncul tampil seperti dibawah ini.

4

Selanjutnya untuk memberi halaman pada bagian cover, klik kembali footer pada halaman tersebut dengan cara mengklik bagian bawah halaman dua kali maka akan muncul menu Design.

5Setelah itu, centang Different First Page. Maka nomor yang sebelumnya ada akan hilang.

6

66

Kemudian klik kembali di bagian luar footer (harus dilakukan). Sehingga muncul tampilan seperti berikut.

7

Untuk memberi halaman pada kata pengantar dan daftar isi misalnya dengan format angka (i, ii, iii,….). Letakkan sel Ms. word pada awal kata “Kata Pengantar”. Kemudian klik page layout –> breaks, pilih next page (langkah ini yaitu untuk membedakan halaman ini dengan halaman sebelumnya).

8

Kemudian klik footer pada halaman kata pengantar tersebut, maka akan muncul menu design seperti sebelumnya.

9

Setelah itu hilangkan tanda centang pada different first page dan different odd and even page, biarkan centang hanya pada show document. Lalu hilangkan tanda aktif pada link to previous dengan cara meng-kliknya satu kali.

99

Masih pada menu design, untuk mengubah format number menjadi bentuk (i, ii, iii,…), klik page number –> format page number.

11

Kemudian pilih tipe (i,ii,iii,…) dan klik start at i. Seperti terlihat pada tampilan dibawah ini:

12

Maka halaman 1 akan berubah menjadi halaman i.

133

Seperti sebelumnya klik kembali dua kali diluar bagian footer dua kali (HARUS DI LAKUKAN). Sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini.

13

Selanjutnya, untuk memberi halaman bagian isi (misalnya BAB 1 Pendahuluan), sama halnya dengan sebelumnya yaitu harus membedakan terlebih dahulu halaman dengan halaman sebelumnya, namun juga harus selalu diingat letakkan terlebih dahulu kursor pada huruf pertama halaman tersebut. Seperti sebelumnya klik page layout –> breaks dan next page.

14

Kemudian klik footer pada halaman tersebut, maka muncul menu design.

15

Lalu hilangkan tanda aktif link to previous.

16

Setelah itu klik page number –> format page number kemudian pilih tipe (1,2,3,…) juga klik start at 1.

17

18

Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

20

Setelah itu, seperti biasa, klik dua kali pada bagian luar footer dua kali. Sehingga muncul tampilan berikut.

21

Akhirnya halaman makalah anda sudah jadi.

Maka jika anda akan menambahkan format halaman lainnya, anda tinggal melakukan kembali langkah-langkah di atas.

Selamat mencoba semoga bermanfaat,,!!!

Baca Artikel Terkait Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Office Word

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis Pada Ms. Office Word

122 comments on “Cara Memberi Halaman Yang Berbeda-Beda Pada Microsoft Office Word

    • Coba ulangi lagi, klik dua kali pada bagian footer-nya. terus klik page number yang ada pada menu design, kemudain format page number, kemudian ganti seperti cara sebelumnya formatnya (1,2,3) start at 1. jangan menyerah. memang kalau baru pertama aku juga dulu pas awal-awal agak ribet..

  1. kalo halamannya yang bab 1 di bawah center trus ke halaman berikutnya di kanan atas itu gmn ya caranya…makasiiih sekali ilmunya.

    • oh, itu, coba di break dulu halamannya terus insert number pilih buttom centre, kemudian yang halaman berikutnya di break lagi, terus klik di bagian footernya, nah kan muncul menu design, hilangin tanda aktif link to previous. Terus pada page number kamu pilih remove page numbers. Kemudian pilih insert, page number pilih top kanan, muncul deh numbernya, Jika ternyata bagian yang atasnya muncul dua page number, silahkan dihilangin lagi number nya (remove number), insert lagi, dan begitu seterusnya. Pastikan sudah di break. Jika tetap muncul dua nomor. Kemungkinan breaknya gagal, jadi terus di break lagi. OK, semangat ya. Semoga berhasil. :)

    • Jika terjadi seperti itu, pindahkan kursornya ke atas (halaman yang tadi sebelum di break), baru di Backspace (ingat ya pake Backspace untuk menghilangkannya), jika pake Delete, halaman yang tadi di Break akan hilang.

      • coba aja di blok halamannya delete pake tombol delete aja, nanti kalo format halaman berikutnya hilang, diulangi aja buat format next page nya. bagian halaman tadi kan tersambung dengan halaman sebelumnya ya (jika formatnya hilang) kamu tekan control enter, setelah menempatkan kursor pada kata yang akan di enter.

  2. Mbak, kalau mau membuat halaman tapi sudah ada filenya gimana caranya ? Soalnya halamannya nggak bisa berubah (beda).

    • Coba, Andika kamu remove dulu page number nya, caranya pilih insert –> Page Number –> Remove Page Numbers. Sampai semua nomor nya hilang, jika masih ada, Klik di bagian footer yang masih ada nomornya, klik page number, remove page numbers. Setelah itu insert kembali page numbernya, baru Anda ikuti kembali tips diatas. Semoga berhasil

      • Apakah benar kamu sudah mengklik bagian footer nya, dengan cara mengklik dua kali bagian bawah halaman, dan sudah dilihat di menu insert, pilih number, ada bagian remove page numbers paling bawahnya. Jika memang tidak ada, terpaksa kamu mengcopy ulang ke new word tanpa memasukan nomor halaman (jika ternyata terus ke include, kamu terpaksa copy satu per satu/per halaman. Selamat mencoba.

  3. misi mau nanya dong..kalau di bab 1 nya halaman nomor 1 di bagian bawah tengah, terus halaman berikutnya nomor halaman di kanan atas, begitu selanjutnya sampai ke bab 2, dimana pada halaman bab 2 yang pertama nomor halaman di tengah bawah, dan halaman sesedudahnya di pojok kanan atas..thesis saya mewajibkan hal seperti itu..bisa dibantu gan?Terima kasih.

    • Oh, itu gan, silahkan di bedakan menggunakan Breaks –> Next page halaman-halaman yang akan dibedakan, seperti yang dijelaskan pada tulisan diatas, setel;ahnya Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan, Perlu diingat nomornya pada format number yang di centang continue. Semoga berhasil

  4. mhon maaf, saya mau nanya, kalo misalnya kyak daftar pustaka dan lampiran supaya ga ada nomor halamannya tpi masih dalam satu file dgn bab bab tadi gimana ya caranya? terimakasih

    • Oh, itu sama aja kayak diatas, di Breaks –> Next Page, terus klik footernya, terus pilih page number, remove page numbers. Semoga berhasil.

  5. Wah jadi gak repot lagi membeda bedakan dan membuat cover dan lainya….trimakasih sangat bermanfaat dan membantu,

  6. Pingback: Free Webmaster Guide

  7. Gan, kyknya ini salah deh “centang different odd and even page”. Gak pake itu ane bisa. btw thx infonya gan, terus berkarya gan.

  8. terimakasih ilmunnya,..saya malah bisa mencoba mengembangkan dengan berbagai kasus,.. yang penting materi dasarnya memang harus matang dulu,…

  9. gan, ko kalo d page break itu jadi nambah 1 halaman kosong y?sedangkan halaman kosongnya di ilangin tuh gak bisa. gimana caranya gan?

    • Kalau aku biasanya di kecilin dulu ukuran word nya (view), terus klik pada halaman yang akan dihilangkan (mousenya muncul berupa tanda panah ya) lalu klik backspace.

  10. gan mau nanya ni..
    gimana kalau nomor halaman pada tiap2 bab nomornya ditengah dan halaman berikutnya nomornya disamping sebelah kanan atas..
    terima kasih

    • Itu sama aja dengan cara ngebedain halaman, jadi setiap halaman yang mau di bedain (di tengah atau di samping), di breaks dulu, terus pas di bagian format pilih sesuai keinginan, pokoknya sama aja dengan cara ngebedain halaman, tinggal pilih format halaman yang diinginkan. Semoga berhasil.

  11. Blog’e kakak asikk yah,,selaen contentnya bermanfaat, header web nya photo’s nya makanan ajja,, jadi lapper liadnya ..
    xixixixixixi :D

  12. aku mau nanya,, sampe bab 1 aku udah berhasil,, tapi bingung lagi nih pas masuk hal 2 hlamannya mau aku buat diatas kiri kertas,, Aku coba-coba bisa,, Tapi kog Halaman 1 nya yang dibawah tengah malah ada semua,, mohon solusinya gak,, :) Terimakasih

    • itu pasti biasanya karena menu link to previous nya belum di hilangkan. Coba di cek kembali. Setiap halaman yang akan dibedakan selain di breaks ingat link to previousnya juga harus di hilangkan. Jika menu tersebut sudah dihilangkan. Angka-angka yang jadi double tadi, yang seharusnya di muncul, anda blok salah satu saja/pada satu halaman lalu klik delete. Nanti akan tersisa satu bentuk angka sesuai yang anda setting pertama. Semoga berhasil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s