Nah yang ini juga bikin Anda makin mudah. Ketika Anda selesai meyelesaikan tugas makalah/skripsi Anda, Anda tidak usah membuka kembali semua buku atau referensi yang Anda gunakan.
Emang bisa ya?? jawabnya BISA!! gimana caranya???
Caranya mudah, anda tidak usah menginstall softwere apa pun, karena sebenarnya sudah tersedia pada Microsoft Word. Namun orang jarang mengetahuinya.
Ayo ikuti langkah berikut.
Pertama, setiap kalimat yang Anda kutip, langsung Anda masukkan sumbernya, caranya yaitu letakkan kursor diujung kalimat yang Anda kutip.
Kemudian klik Reference, Insert Citation, pilih Add New Source.
Maka akan muncul kotak Create Source.
Kemudian Anda tinggal memilih bentuk sumber yang Anda gunakan, Book, Report, Journal Article, dsb.
Misalnya saya memilih Laporan, maka isi kolom Author, Title, Year, Publisher, City.
Pada bagian Author di pilih Corporate Author, karena penyusun laporan tersebut adalah institusi bukan individu.
Setelah selesai maka akan muncul pada kursor yang Anda letakkan tadi berupa Innote,
Innote tersebut, bisa Anda delete jika Anda tidak menggunakan format referensi berupa Innote. Namun, referensi tersebut akan tetap dan akan tetap muncul pada Daftar Pustaka saat Anda memilih Bibliography di akhir cara ini.
Adapun jika referensi Anda berupa Jurnal, maka pilih Journal Article,
Kemudian, jika Author dari referensi Anda adalah individu, maka isi pada kolom Author. Gunakan ., (titik koma) untuk memisahkan Author yang lebih dari satu orang.
Setelah selesai maka akan Innote akan muncul kembali, Misalnya: (Asamoah, Moussa, Stafström, & Musinguzi, 2011),
Setelah selesai memasukkan semua sumber, letakkan kursor pada bagian halaman untuk Daftar Pustaka, biasanya dihalaman akhir setelah BAB 3 Penutup.
Klik Reference, Klik Bibiliography,
Kemudian pilih Bibiliography.
Maka akan muncul Daftar Pustaka tersebut sebagai berikut.
Selanjutnya Anda hanya tinggal merapikannya, misalnya saya ubah Bibliography menjadi DAFTAR PUSTAKA, memperbaiki Style tulisan (Times New Roman, 12, rata kiri kanan, spasi 2),
Biasanya bagian bawah lebih menjorok kedalam, Anda tinggal blok Daftar Pustaka Anda dengan cara klik pada bagian pojok kiri Daftar Pustaka pada tanda titik tiga,
Maka secara otomatis Daftar Pustaka Anda ter-blok semua,
Selanjutnya, Anda tinggal menggeser Indent (Hanging Indent) yang berada diatas tepatnya dibawah deretan menu. Misalnya saya geser seperti berikut,
Maka, Daftar Pustaka Anda berubah menjadi seperti berikut ini,
Anda juga bisa mengubah Style Daftar Pustaka sesuai dengan yang Anda inginkan,
Misalnya APA, Chicago, Harvard, dsb,
Jika setelah itu Anda memasukkan kembali sumber yang lain, Anda tinggal mengklik Update yang terdapat pada bagian atas tabel Daftar Pustaka tersebut.
Kemudian rapikan kembali Daftar Pustaka Anda.
Akhirnya Daftar Pustaka Anda selesai.
Ayo silahkan dicoba…!!!
Baca Artikel Terkait Cara Memberi Halaman Yang Berbeda Pada Ms. Office Word
Cara Atur Posisi Halaman Pada Ms. Word
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Office Word
terimakasih… sangat membantu
makasih share ilmunya ni.. sangat membantu banget deh…
Sungguh membantu dalam pengerjaan Makalah Dasar-Dasar Ilmu Politik saya. Terima kasih atas sharing nya 😀
hy kaka makasiiiiih buanget sangat” bembantu bnget bwt q dan jelas jga maksh ea ..
Sip.
tarimo kasih yo neng
mokasi banna ko haa
iyo, samo-samo
terima kasih untuk tutorialnya, sangat membantu sekali, kalau ada yang exel jg y 🙂
super sekalih teh hatur nuhun… 🙂
terima kasih, sangat membantu
susah 😦
alhamdulillah, terima kasih 🙂
kalo mau bikin daftar halaman buat lampiran tapi masih satu file dengan daftar isi, tabel, grafik, sama gambar gmn?
Tinggal di heading aja gan, sama kayak yang lainnya. Nanti dia muncul di Daftar Isi.
Sangat Membantu Artikel ini
http://jasakonsultanskripsisurabaya.blogspot.com/
Wah.. Nice POst Agan.. Jangan Lupa Kunjungi Blog Ane ^_^
http://aikawafaith.blogspot.com/
Assalamu’alaikum,,
trima kasih sangat membantu .
sukses selalu
kereeeennn… Thanks brother !!
Sist, berarti ini bab 1 sampai bab 3 berada pada 1 file ya? kalau aku jadikan satu bab per file gitu apakah masih tetep bisa? bagaimana caranya? thanks a lot
Betul sekali Gan, nggak bisa kalo beda file, mending dijadikan satu file gan, untuk pengaturan halamannya ada di link berikut, sebaiknya Anda kunjungi https://elummah35.wordpress.com/berbagi-2/cara-memberi-halaman-yang-berbeda-beda-pada-microsoft-office-word/
Saya sangat berterimakasih kepada anda telah membantu saya dalam tugas sekolah saya
Sangat terbantu dengan artikel ini.Tks.
Lagi cari-cari info tentang daftar pustaka yang bagus dan benar, buat ngerjain tugas. Makasih sharenya ya 😀
tolong donk gimana cari Daftar Pustaka terbaru buat ngerjain tugas sang Dosen
Makasih ya elmupengetuan nya
Min klo cara otomatis gitu mungkin gak hasilnya bisa salah,, Ma’af soal nya baru belajar Min
sangat membantu,,tanks
Makasih infonya
makasih yaahh infonya sangat bermanfaat sekali untuk saya yang sedang menyelesaikan tugas akhir 🙂 saya mau nanya, kalau style daftar pustaka harvard atau vancouver pilih yang mana? bingung nih.
Kalau di Word 2010 Harvard ada gan, cuma vancouver nggak ada, di word 2007 memang nggak ada
trima kasih gan, sangat bermanfaat,
terimakasih kakak,.,.,sangat membantu
aduuhhh untung ketemu sma blog ini 😀
Makasih ya bermanfaat bgt…tssss
makasih tutorialnya sob 🙂